Thursday, May 23, 2013

Mengenali Alarm Di Tubuh

vitamin tubuh
Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk memberitahu sedang ada masalah yang terjadi. Dengan demikian tindakan pencegahan dan pengobatan bisa dilakukan sebelum masalah menjadi bertambah parah. Kekurangan vitamin pun bisa memunculkan berbagai tanda-tanda yang aneh pada kesehatan tubuh anda. Berikut ini lima tanda peringatan kekurangan vitamin yang tidak biasa.
  • Celah di Sudut Mulut
Munculnya celah di sudut mulut disebabkan oleh kekurangan zat besi, seng, dan vitamin B seperti niacin (B3), ribovaflin (B2) dan B12. 
Untuk memperbaikinya, makan lebih banyak unggas, salmon, tuna, telur, tiram, kerang, tomat kering, kacang tanah, dan kacang-kacangan.
  • Wajah Ruam, Memerah dan Rambut Rontok
gangguan ini menandakan kekurangan biotin (vitamin B7) yang dikenal sebagai vitamin rambut. Tubuh bisa menyimpan vitaminyang larut lemak (A,D,E,K), namun tidak menyimpan vitamin B yang mudah larut dalam air. Memakan telur mentah akan membuat rentan karena protein di dalamnya menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap biotin.
Untuk mengatasinya, makanlah telur yang sudah di masak, salmon, avokad, jamur, kembang kol, kedelai, kacang-kacangan, raspbery dan pisang.
  • Benjolan Merah atau Putih di Pipi, lengan, paha dan Pantat
Munculnya benjolan-benjolan ini disebabkan oleh kekurangan asam lemak esensial serta vitamin A dan D.
Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, tapi perbanyak lemak sehat. tambahan lebih banyak salmon dan sarden, kacang-kacangan seperti kenari dan almond dan biji-bijian. Untuk vitamin A, makanlah wortel, ubi jalar, dan paprika merah.
  • Kesemutan dan Mati Rasa
Kondisi ini bisa disebabkan karena defisiensi vitamin B seperti folat (B9), B6 dan B12. Gejala-gejala ini dapat dikombinasikan dengan kecemasan, depresi, anemia, kelelahan dan ketidakseimbangan hormon.
Untuk mengatasinya, makanlah bayam, asparagus, kacang-kacangan, telur gurita, kerang, tiram dan unggas.
  • Otot Kram, Sakit Menusuk di Jari, Betis dan Punggung kaki
gangguan ini muncul disebabkan kekurangan magnesium, kalsium dan kalium. sering berolahraga keras bis ammbuat tubuh kehilangan banyak mineral (vitamin B dan larut dalam air).
Untuk mengobatinya, makanlah lebih banyak pisang, almond, hazelnut, labu, ceri, apel, jeruk, brokoli, bok choy dan sayur berdaun hijau gelap seperti kale, bayam dan dandenolion.

No comments:

Post a Comment