Friday, April 19, 2013

Tips Makan Sehat Untuk Remaja

Siapa pun sepakat bahwa menjaga kesehatan harus dilakukan sedini mungkin. Namun tidak jarang keadaannya berubah saat remaja mulai jauh dari orang tua, baik dikarenakan kesibukan yang teramat sangat atau harus tinggal berjauhan dengan orang tua dengan alasan melanjutkan studi.
Makanan Remaja Sehat
Hal ini dapat menyebabkan remaja kehilangan kontrol atas makan sehatnya. Nah, agar kesehatan pada saat remaja ini tetap terjaga, ada tips yang bisa dilakukan agar pola makan menjadi seimbang dan terjaga seperti juga yang dilansir dari Huffington Post. Berikut ini Tips Makan Sehat Untuk Remaja:

Jangan lewatkan sarapan
Sarapan sangat baik untuk tubuh dan otak. Namun kebiasaan baik ini kerap kali dilewatkan khususnya oleh remaja. Sempatkan untuk sarapan. Menu sarapan bisa bervariasi seperti susu, buah-buahan teh bahkan kopi.
Sedia Cemilan
Bagi yang memang tidak sempat untuk sarapan, penting sekali untuk membawa cemilan. Perlu diperhatikan cemilan yang akan dikonsumsi ini haruslah cemilan yang bergizi semisal buah-buahan, roti, biskuit dan makanan rendah lemak lainnya.
Konsumsi Sayur dan Buah
Membiasakan untuk makan sayur dan buah harus dilakukan sedini mungkin. Hal ini juga mesti dilakukan secara teratur. Konsumsi buah dan sayur sangat penting untuk remaja karena mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh remaja.
Perhatikan Jam Makan Malam
Biasanya remaja cendrung menyukai makanan cepat saji dan memilih untuk makan di luar di jam yang mereka senangi. Namun hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Jika makan di jam yang tidak teratur kemungkinan untuk terkena diabetes sangat terbuka lebar.
Alangkah baiknya untuk makan di awal malam ataupun sore hari. Jangan khawatirkan nafsu makan yang meningkat pada saat remaja karena itu adalah hal yang wajar seiring peningkatan hormon dan masa remaja adalah masa pertumbuhan. Seiring dengan itu, remaja juga harus dapat mengontrol nafsu makan yang meningkat drastis tersebut.
Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur agar kalori dapat dikeluarkan dan tidak menumpuk menjadi lemak yang pada akhirnya dapat menambah berat badan.
Nah, meskipun masa remaja adalah masa yang penuh dengan aktivitas dan kegiatan namun Kita juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Mudah bukan?

No comments:

Post a Comment