Pernah mendapati sinyal BlackBerry Anda berubah dari ‘GPRS‘ menjadi ‘gprs‘ (kecil)? Jika sudah begini, tentu layanan BlackBerry Internet Service (BIS) tak bisa digunakan. Dengan kata lain, BlackBerry Anda cuma bisa buat menelepon, tak bisa untuk berinternet ria.
Ada beberapa faktor yang membuat BlackBerry kita berubah dari GPRS menjadi gprs (kecil). Beberapa di antaranya adalah :
-. Layanan BIS (BlackBerry Internet Service) kita sudah habis. Hal
ini jika kita menggunakan layanan pra bayar. Sementara untuk pasca
bayar, terjadi pemblokiran karena belum melakukan pembayaran padahal
sudah jatuh tempo.
-. Jaringan operator yang digunakan sedang bermasalah (error)
-. Handheld BlackBerry kita yang bermasalah
-. Jaringan operator yang digunakan sedang bermasalah (error)
-. Handheld BlackBerry kita yang bermasalah
Nah, untuk mengetahui lebih jelas permasalahan yang terjadi kita bisa saja mencari tahu.
Lakukan tips-tips berikut:
1. Jika menggunakan kartu prabayar, kita bisa mengecek masa aktif
layanan BIS sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh operator yang
digunakan. Sebab, secara otomatis kita bisa tahu kapan kita harus
melakukan aktifasi lagi. Jika perlu aktifkan reminder di BlackBerry
untuk mengingatkan batas dan kapan berakhirnya layanan BIS kita.
Begitu juga untuk kartu pasca bayar, kita harus mengingat jatuh tempo
pembayaran tagihan setiap bulannya. Hal ini untuk menghindari jangan
sampai karena faktor lupa untuk mengisi ulang, memperpanjang layanan
atau melakukan pembayaran sehingga layanan BIS kita jadi GPRS lagi.
2. Untuk mengetahui network operator yang kita gunakan apakah sedang
error atau tidak, kita bisa menghubungi teman atau kerabat yang berada
tidak jauh dari tempat kita yang juga menggunakan layanan BIS dari
operator yang sama dengan kita. Apakah pada saat itu memang lagi network
error atau tidak, atau langsung menghubungi pihak operator atau PIC
operator setempat. Mohon infonya mengenai network.
Jika network it’s ok, coba lakukan hal berikut ini:
Cara Pertama :
-. Klik Options
-. Advanced Options
-. Host Routing Table
-. klik tombol Menu / logo BB
-. Register Now
-. Klik Options
-. Advanced Options
-. Host Routing Table
-. klik tombol Menu / logo BB
-. Register Now
Cara Kedua :
-. Coba restart BB (Alt + aA kanan + Del)
-. Coba restart BB (Alt + aA kanan + Del)
Cara Ketiga :
-. Hard reset atau cabut baterai selama 5-10 menit
-. Lalu Masukan lagi baterainya
-. Hard reset atau cabut baterai selama 5-10 menit
-. Lalu Masukan lagi baterainya
Cara Keempat & Ini yang Cukup Ampuh :
-. Klik Options
-. Mobile Networks
-. Network Selection Mode Manual
-. Scan for Available Network
-. Pilih operator lain
-. Diamkan selama 5-10 menit
-. Lalu ke tampilan utama, pilih Manage Connections – Turn off All Connections
-. Diamkan 1-5 menit, kemudian nyalakan lagi
-. Kembali ke Options – Mobile Network
-. Pilih kembali operator awal/asal
-. Klik Options
-. Mobile Networks
-. Network Selection Mode Manual
-. Scan for Available Network
-. Pilih operator lain
-. Diamkan selama 5-10 menit
-. Lalu ke tampilan utama, pilih Manage Connections – Turn off All Connections
-. Diamkan 1-5 menit, kemudian nyalakan lagi
-. Kembali ke Options – Mobile Network
-. Pilih kembali operator awal/asal
Jika cara-cara di atas sudah dilakukan dan BlackBerry kita masih gprs
(kecil), coba cek dan pastikan apakah Sim Card atau device BlackBerry
kita bermasalah?
Coba Lakukan hal berikut ini :
-. Ganti Sim Card yang kita pakai dengan kartu lain yang satu
operator atau operator lain yang layanan BIS-nya aktif tanpa harus masuk
ke email setting (untuk menghindari terjadi change device), karena kita
hanya mau melihat apakah masih tetap gprs kecil.
-. Jika iya, berarti device BlackBerry yang bermasalah. Jika sudah
GPRS berarti Sim Card kita yang trouble, Kalau begini permasalahannya,
ya tinggal hubungi customer service operator yang bersangkutan.
-. Sementara untuk mengecek perangkat BlackBerry kita apakah yang
bermasalah karena software atau hardware. Jika penyebabnya karena
sofware, biasanya OS (sistem operasi) kita yang corrupt. Lakukan
upgrade/downgrade OS yang digunakan untuk memastikan device BlackBerry
kita tidak ada masalah dengan Pin. Misalnya PIN suspend atau lain
sebagainya.
Coba lakukan hal berikut :
1. Masuk ke website ini dari komputer : —> http://.blackberry.com
Misalnya: indosat.blackberry.com
2. Pilih Create New Account – Kemudian akan disuruh memasukkan PIN
dan IMEI – Lalu klik next dan akan muncul notifikasi seperti tulisan
berikut ini :
- Your device has not yet been registered with the network
- The Blackberry is registered with another provider
- Your Account is already registered
- Your Account is SUSPENDED
- The Blackberry is registered with another provider
- Your Account is already registered
- Your Account is SUSPENDED
Keterangan :
a. Jika memang device BlackBerry kita yang bermasalah karena suspend, berarti kita mendapat cobaan dech, ambil hikmahnya agar tidak terulang hal yang sama lagi. Jika kita memiliki/membeli handheld harus lebih hati-hati dan teliti lagi sebelum membeli (ingat tips sebelum membeli/memiliki BlackBerry).
a. Jika memang device BlackBerry kita yang bermasalah karena suspend, berarti kita mendapat cobaan dech, ambil hikmahnya agar tidak terulang hal yang sama lagi. Jika kita memiliki/membeli handheld harus lebih hati-hati dan teliti lagi sebelum membeli (ingat tips sebelum membeli/memiliki BlackBerry).
b. Sementara jika tidak ada masalah dengan suspend Pin dan ternyata
hardware BlackBerry kita yang bermasalah, coba cek fisik ke bengkel
BlackBerry yang terpercaya di tempat terdekat. Jika perlu cari info dari
teman-teman di komunitas BlackBerry kita tempat yang recomended untuk
cek/servis BlackBerry
No comments:
Post a Comment